Musim Ujan, Rajin-Rajin lah cuci motor agar Shock Breaker tetap Awet!

February 16, 2017 964 0 0

Foto Ilustrasi untuk Shock breaker Belakang

TerasBiker.com – Halo Sobat Tebe sekalian, Sesuai Judul diatas nih Sob, Terasbiker mau berbagi sedikit tips! Yup… dimusim penghujan tak sedikit biker yang malah jadi males nyuci motor dengan alasan nanti juga akan ujan dan kotor lagi hehehe… Nah dari sini nih.. biasanya kebiasaan males nyuci motor yang akhirnya berujung pada cepet rusaknya komponen peredam kejut alias Shock Breaker. Loh kok bisa ? jadi gini sob..kondisi musim hujan akhir-akhir ini pastinya bakalan membuat motor menjadi kotor terutama dibagian penting motor kita ini, karena kurang memperhatiakan kebersihan, akhirnya part shockbreaker pun bisa lebih cepet rusak.

Baca Juga : Tips Aman Berkendara di Musim Hujan Ala TerasBiker

Mengapa faktor kurang memperhatikan kebersihan shockbreaker menjadi pemicu mempercepat usia pakai part tersebut? karena dengan adanya kotoran yang menempel dan jika lama-lama dibiarkan tanpa dibersihkan akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan dan kecoboran pada bagian sil. Saat berkendara di musim hujan atau saat kita melintasi genangan air, nah kotoranpun akan lebih banyak menempel dan jika dibiarkan maka akan berefek cepet rusaknya bagian sil dan mengakibatkan oli shock akan keluar/bocor dan yang paling parah lagi adalah jika as shock lecet maka perlu diganti dengan yg baru, Untuk itu kuncinya harus rajin-rajin dibersihin atau di cuci.

Foto Ilustrasi untuk Shock breaker Depan

Kotoran yang menempel dan mengering lama, akan ikut bergerak pada peredam kejut tersebut (bergerak turun-naik) dan lama-kelamaan akan merusak dinding sil, belaku juga hal yang sama pada Shock depan. Hal lain yang juga sebagai pemicu kerusakan pada shock selain dari kurangnya memperhatikan kebersihannya..kerusakan shock belakang juga di picu akibat membawa beban berlebihan, karena kebanyakan Biker sekarang tidak terlalu mengindahkan hal tersebut, Alhasil..saat membawa beban berlebihan maka per/pegas shock akan tertekan berlebihan dan akhirnya mengakibatkan fungsi per jadi berkurang.

Last..Mulai dari sekarang yuk rajin-rajin nyuci motor, apalagi di musim hujan hehehe..Selain supaya shock breaker tetap awet hal tersebut juga bisa menghindari terjadinya karat pada komponen lain yang terbuat dari besi.

Salam,

-TerasBiker.com-

Tags: cara merawat sok breker, Shock Breaker, sok breker, Tips merawat Shock breaker pada motor Categories: sharing, Tips
share TWEET PIN IT SHARE
Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: