TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Biker sekalian…Pagelaran Yamaha Cup Race 2018 yang berlangsung di Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya, Jawa Barat (14-15 Juli) mendapat respon spesial dari masyarakat sekitar. Mereka begitu menantikan kompetisi balap yang memang sangat populer karena sudah memasuki tahun ke-29 dalam penyelenggaraan.

Terbukti nyata hadir 10 ribu penonton yang memadati trek Bukit Peusar yang notabene memiliki panjang 1,2 km dan 16 tikungan. Area tribun pada sisi kiri dari trek lurus utama, kemudian di sepanjang tikungan pertama (R1), juga tribun dekat waiting-zone begitu padat. Mereka menikmati pertarungan dari 11 kelas yang dilombakan.

 

“Penonton di Yamaha Cup Race Tasikmalaya sangat menggembirakan. Jumlahnya lebih banyak dari balapan sebelumnya. Tentu saja, kehadiran kelas-kelas lokal menjadi daya tarik mereka untuk memberikan semangat. Dengan adanya gelaran Yamaha Cup Race ini, maka akan mendongkrak image Yamaha hingga kedepannya orang selalu ingat dan mencari produk Yamaha, ”terang Ferdinanto, Koordinator Area Marketing Development DDS Jawa Barat PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang hadir langsung di Yamaha Cup Race 2018 Tasikmalaya.

Erwin Ridwansyah (Khern 153 RRS Denas), Juara 1 Kelas Aerox 155 Cup Lokal

Salah satu penyebab meriahnya Yamaha Cup Race 2018 Tasikmalaya karena dihadirkannya kelas Aerox 155 Cup Lokal yang diperuntukkan khusus untuk rider-rider Tasikmalaya. Penonton terlihat memberikan motivasi atau semangat kepada pembalap pujaaannya. Tercatat ambil-bagian 14 starter dan pada akhirnya podium juara direbut Erwin Ridwansyah (Khern 153 RRS Denas).

“Saya sangat menikmati balap dengan Yamaha Aerox 155 cc ini. Perfoma mesin dan bodynya lincah saat momen masuk dan keluar tikungan, ”ujar Erwin Ridwansyah yang bertarung ketat sekali dengan Roni Kurniawan (Feroni Galeri) karena hanya berbeda 0,018 detik saja.

Masih dengan motor Yamaha Aerox 155 cc, terbukti pula kategori Aerox 155 Cup Community yang dikhususkan untuk rekan-rekan komunitas menjadi dayatarik tersendiri. Beberapa peserta datang dari Bandung ataupun DKI Jakarta. Mulai YROI, SS Racing Squad, ARCI Jakarta, YARRCI, VASCI, Max Owners Tasikmalaya, VAST, ROMLI, Yamaha Aerox Bandung dan Gharang ”Balap Aerox 155 ini sangat menarik. Tentu saja, kita lebih praktis dalam persiapan karena motornya sudah diprepare pihak Yamaha. Tidak perlu repot dan tinggal balap saja, ”tukas Sugihartono dari komunitas Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI) yang mengaku selama ini juga aktif dalam balap Yamaha Sunday Race 2018 Sentul.

 

Disamping itu, Yamaha Cup Race 2018 Tasikmalaya menjadi media penentuan untuk perebutan tiket Grand Final yang menurut rencana akan diselenggarakan di lintasan Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Tersedia 18 tiket Grand Final yang diambil dari 6 kelas utama, yaitu YCR1, YCR2, YCR3, YCR4, YCR5 dan YCR6.

Masing-masing kategori tersebut diambil 3 racer berdasarkan poin yang diraih. Para pembalap terpilih akan bersaing dengan perwakilan dari region Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Patut dicatat juga, Yamaha Cup Race 2018 Tasikmalaya memberikan hadiah juara umum kepada peserta yang berasal dari tim privateer atau non pabrikan.

Demikian apresiasi yang diberikan Yamaha atas perjuangan mereka. Adapun juara umum kategori seeded (YCR1 & YCR2) untuk pembalap dari tim privateer direbut oleh Dadan Alamsyah (MPRT DMS Titan Speed Pirelli NHK SSS Rob1 RollingSP). Kemudian kelas pemula A (YCR3 & YCR4) diraih Wildan Maulida (Yamaha SIS Motor BKMS NHK FDR Eka Jaya dan untuk pemula B (YCR5 & YCR6) dimenangkan oleh Nicky Hayden (NHRT MKO Hidrolik).

“Tidak terasa bahwa Yamaha Cup Race 2018 ini sudah memasuki perjalanan yang ke-29 tahun. Hampir satu dekade dan ini merupakan balapan tertua dan terpopuler di Indonesia yang konsisten setiap tahun diselenggarakan. Bahkan di Yamaha Cup Race 2018 Tasikmalaya ini, saya bertemu dengan teman-teman yang dulunya menjadi pelopor dalam penyelenggaraan Yamaha Cup Race di tahun 1989, “tutur M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang juga hadir langsung di Yamaha Cup Race 2018 Tasikmalaya.

Menyangkut kesuksesan penyelenggaraan Yamaha Cup Race 2018 Tasikmalaya didukung oleh berbagai sponsor penting seperti Yamalube, Idemitsu, Pirelli, Kayaba, NGK, DID, IRC dan supporting Pertamax Turbo serta Helm NHK.

Moga Berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob ?

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.