TerasBiker.com – Assalammualaikum, Halo Sobat Bikers sekalian…Perjuangan pembalap binaan Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama pantas diapresiasi. Start dari grid ke-14, rider asal Yogyakarta usia 19 tahun ini sukses finish ke-5 dalam seri ke-3 balap World SuperSport 300 (WSSP300) di Sirkuit Imola, Italia, Minggu (13 Mei). Sebetulnya hasil sesi Superpole 2 (SP2), Galang Hendra berada di urutan ke-10, namun terkena penalti bersama banyak pembalap yang menurunkan kecepatan pada racing line saat kualifikasi hingga harus turun di grid ke-14.

Kondisi demikian justru menjadi motivasi Galang Hendra untuk mengukir prestasi lebih baik dari seri sebelumnya (Assen Belanda). Terbukti sejak lampu start menyala, Galang Hendra langsung melaju dan menembus deretan 10 besar. Bahkan pada lap ke-7, sudah masuk di urutan ke-7.

Bermodal skill ridingnya yang semakin meningkat & semangat pantang menyerah, Galang Hendra yang pernah meraih podium juara dalam WSSP300 Jerez (2017) berjuang ekstra keras untuk memperbaiki peringkatnya. Pada lima lap terakhir, Galang Hendra sempat berada di posisi ke-4 setelah melalui Borja Sanchez (Spanyol) dan Luca Grunwald (Jerman).

Balapan semakin ketat di lap-lap terakhir. Terdapat 7 racer yang tampil ngotot. Dalam hal ini, hanya Galang Hendra dan Kevin Sabatucci yang menunggangi Yamaha YZF-R3. Pada akhirnya, Galang Hendra dapat finish ke-5 dalam 11 lap trek Imola yang memiliki panjang 4,9 km.

Perlu dipahami, bahwa pemenang WSSP 300 Imola memiliki kubikasi 400. Ninja 400cc dan 390cc terbukti mendominasi selama ini. Sementara Yamaha YZF-R3 yang memiliki kubikasi silinder terkecil. Pihak penyelenggara memang masih terus mengupayakan formulasi yang tepat agar semua merk memiliki potensi yang sama untuk tampil kompetitif. Menggunakan batasan limiter RPM dan penambahan atau pengurangan bobot hingga seri ke 3 masih belum terlihat berimbang. R3 dengan bobot yang sama dengan kompetitor yang kubikasinya 400cc mengalami kendala saat akselerasi keluar dari tikungan dan top speed di track lurus.

Namun demikian , Galang Hendra mampu menampilkan performa terbaiknya dan tampil terbaik diantara rider yamg tergabung Yamaha R3 bLU cRU Challenge. Sehubungan klasemen sementara WSSP300, Galang Hendra ada di posisi ke-14 dengan raihan 11 poin. Adapun seri lanjutan WorldSSP300 sendiri akan kembali dihelat di Sirkuit Donington Park, Inggris pada 27 Mei nanti. Mudah mudahan di seri ini , sudah ada perubahan regulasi yang lebih kompetitif, sehingga balapan makin seru.

“Saat ini saya bahagia karena dapat finish ke-5. Saya melakukan start dengan baik dengan dukungan perfoma motor yang sangat baik. Saya sempat mengalami kontak dengan pebalap lainnya. Namun saya tetap tenang dan fokus. Pada lap terakhir, saya memotong beberapa rider hingga saya merebut posisi ke-5. Pada seri selanjutnya, saya akan lebih fokus lagi dan akan tampil all out pantang menyerah. Saya akan melakukan yang terbaik untuk Merah Putih Semakin Di Depan, ”ujar Galang Hendra Pratama.

Moga berguna 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lainTerasbiker.com Sob ?

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-Terasbiker.com-

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.