Siap-siap di ganti

TerasBiker.com – Assalammualaikum. Halo Sobat Bikers sekalian, kalo sobat ngikutin postingan di Blog Terasbiker ini pastinya pernah baca artikel ganti Oli Motor Vario 125 eSP dengan oli “Sesat” hehehe…Yup Tebe yang melakukan pergantian oli dari yang sebelumnya menggunakan oli mesin bawaan pabrikan AHM Oil MPX2, pada artikel tersebut Tebe akhirnya ganti dengan Oli keluaran Pertamina yakni Pertamina Fastron Techno Hijau dengan SAE 10W-40. Tebe juga sempat sedikit kasih gambaran Impressi pertama menggunakan Oli tersebut.

Di artikel pertama tersebut TeBe pernah janji untuk buat Review pemakaian dari oli Pertamina Fastron Techno Hijau setelah 1 bulan penggunaan,

Last…..Segitu aja dulu ya Impresi Pertama Pake Oli Mesin Fastron Techno Hijau SAE 10W-40, Untuk kelanjutannya nanti akan ada review kembali setelah penggunaan satu bulan pertama, Tebe juga catat KM terakhir Sob, ya mudah-mudahan kondisinya akan enak terus sampe 3000 KM on the go!

tetapi karna kondisi tidak memungkinkan, akhirnya di bulan pertama TeBe urung buat reviewnya Sob dan diputuskan melakukan Review setelah 2 bulan penggunaan atau kira-kira dengan jarak tempuh 3.254 KM.

Berikut catatan KM awal dan Terakhir  :

KM Awal 41.834
KM Terakhir – 45.088

Alhamdulillah Sob, walau sudah memasuki penggunaan bulan kedua dengan jarak tempuh melebihi 3000 Km, tapi beda bener rasanya dari MPX2 yang sebelumnya Tebe pakai sebagai pelumas bawaan. Dengan Pertamina Fastron Techno 10W/40 tarikan awal enteng banget dan tetap power full, serta mesin gak berasa kasar…ajib nih Oli, secara rutinitas harian Tebe dengan Vario techno 125 eSP ini bisa dibilang cukup Bekerja keras, tau sendiri sob rute perjalan PP Rumah-Kantor (Cibinong Bogor-Mampang) tiap hari 64 KM dengan jalur macet yang luar biasa.

Jadi berasa cocok Pertamina Fastron Techno 10W/40 (Hijau) sama Vario techno 125 eSP. Walau infonya oli Pertamina Fastron Techno 10W/40 (Hijau) ini mampu hingga 5000 KM, tetapi karena kondisi mobilitas harian sering bermacet-macet ria, akhirnya Tebe putuskan cukup sampe 3000 an KM atau maksimal 2 bulan aja Sob.

Kebetulan Hari ini, sabtu (03/12/17) sudah memasuki 2 bulan pemakaian dan Tebe langsung lakukan pergantian dengan oli yang sama yakni Pertamina Fastron Techno 10W/40 (Hijau), bukan apa-apa sih…cuma ketagihan aja sob 😀 hehehe, Oh iya Sob…sedikit info tambahan untuk penguapan pada oli ini pun cukup minim, cuma Tebe lupa foto takaran oli lamanya 🙂 (lagi buru” sob hehehe)

So buat sobat sekalian, yang mau ganti oli udah deh gak perlu ragu untuk pake Pertamina Fastron Techno, kan banyak pilihan Varian tuh, Fastron Tehno Gold (5W/30), Biru (10W/30), Hijau (10W/40), serta Ungu (15W/50). Nah buat sobat yang emang punya duit banyak dan kebetulan punya Skutik terbaru bisa tuh pilih yang agak mahalan misal Fastron Tehno Gold dan Biru yang speknya lebih encer. Untuk Fastron Tehno Ungu (15W/50) menurut Tebe sih gak recomendid untuk motor Matik, karena terlalu kental sob, bisa-bisa tarikan malah jadi berat.

Last…Menurut Tebe Sih ini oli Recommeded banget buat yang pengen terikan dan Performa maksimal serta daya tahan yang lumayan lama hingga 5.000 KM. Tebe gak mau panjang lebar sih… kalo sobat penasaran langsung Coba dan rasakan perbedaannya 🙂

Kira-kira gitu aja sob review dan Impressi yang Tebe rasakan selama 2 bulan pemakaian oli Pertamina Fastron Techno 10W/40 (Hijau).

Liat Juga Video Cara Gampang Bersihin Bekas Lem pada Body Motor Pake Rexco 50

Moga Berguna… 🙂

Follow Terasbiker di Sosmed ya Sob :

Silahkan Baca juga Artikel lain Terasbiker.com di bawah ini Sob!

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

TerasBiker.com

30 COMMENTS

  1. Bro, gw pake oli Pertamina Fastron ini buat di mobil Daiasu Granmax sudah 3 tahun dari mobil masih baru, ganti setiap 10.000 KM (setiap 6 bulan kalau dihitung waktu).
    Mantap, kondisi mesin mobil enteng, mobil dipakai buat Antar Jemput Sekolah.
    Malah bulan Desember ini pernah telat sampai 12.000 KM baru ganti.
    Oh ya sekedar info, gw juga baru tau kalo mobil baru Toyta dan Daia*su rekomendasi sesuai pabrikan ganti oli setiap 10.000 KM. Kalaupun lebih cepat setiap 5000 KM gpp.
    Intinya gw angkat jempol sama oli Pertamina Fastron ini tahan lama.
    gw selalu beli oli Pertamina karena banyak disetiap SPBU, pasti terjamin asli, begitupun oli Shell kalo beli hanya di SPBU Shell terjamin asli. gw dari dulu ngga pernah beli oli merek lain selain produk Pertamina atau Shell (belinya di SPBU). Krn kalo beli selain merek itu adanya dibengkel biasa atau toko oli, dan yang jual pun belum tentu tau olinya asli atau palsu.

    • Nah.. akhirnya nungul lagi user yang puas pake Oli dari Pertamina, emang bagus sih…ane aja mulai ketagihan hehehe

      Thanks Bro Angga udah mampir dan coret-coret kolom komentarnya hehehe 🙂

  2. Lebih ajib yg fastron gold 5w30…tarikan enteng masin halus. Tapi harganya beda 50 rb dg fastron techno 10w40. Kalau yg 10w40 tarikan masih lebih berat dibandingkan dgn yg 5w30.
    Tapi jangan coba yg 0w20….tarikan awal enteng banget, tapi oli cepet banget turun performanya.
    Motor ane vartech 125 lama

    • Bener Om, klo pilihan emang maunya yg Gold hehehe, cuma waktu itu perhitungannya mau coba yg Ijo dl dan review hasilnya ternyata enak ?, nanti naik ke yg biru hehehe, Josss emang Fastron

  3. Kalau untuk verza edisi 2013 apakah bagus sob?,
    Pengalaman Saya biasa pakai oli SPX 1 kalau perjalanan diatas 100 km mesin jadi kasar,rencana mau tukar ke merk oli yg lain

  4. Bro mau tanya nih, buat motor bore up rekomen fastron yang mana nih, lagi pengen nyoba oli “sesat” karna di grub fb juga pada puas sama fastron techo?

  5. saya kalo pake fastron techno 10/40 selalu ganti di 5000km. dua kali pernah pakai msx 15w/40 ganti di 3000km…cukup memuaskan

    • Bener Om…klo saya ganti 2 bulan maksimal 3000km aja pertimbangannya krn rutinitas motor dipake buat macet2an jakarta ??

    • untuk pemakaian waktu itu cukup lama Sob, hampir 1 tahun, cuma pas ada yg lebih enak..akhirnya pindah haluan hehehe…Maaf baru respon 🙂

  6. saya jg mau nyicipin fastron. tapi ini apa ga masalah om kalau pake oli yg 10w/40? ga kekentalan?
    motor sya juga vario 125, thn 2016. kayaknya kalo oli bawaan dari bengkel resminya selama ini pake yg 10w/30, yg notabene yg setaranya oli fastron yg botolnya warna biru

  7. Saya pakai fastron yang warna ijo dari 2012 sampai sekarang Alhamdulillah mesin masih tetep jos kayak baru keluar deler….honda blade 125 repsol

  8. Klau untuk aeroks 155 fastron yg mana bagus in pak… Dan untuk mio M3 mana yg bagus dia…saran nya pak

  9. Motor ane Honda blade new 110 tahun 2014, resminya sih kalo dari pabrikan oli SAE 10-30w,dan selama ini pakai mpx1/spx1,
    Motor buat harian aja, perjalanan sehari kr2 25 KM ,kalau mau ganti oli pertamina yg lebih baik tapi harganya ekonomis sebaiknya pakai oli apa ya ?

  10. Ana pemakai OLI FASTRON TECHNO IJO (10-40 W) buat YAMAHA NMAX 155cc sampai sekarang. Olinya emang recommended banget.. Performa mesin motor dari awal keluar showroom hingga sekarang tidak berubah. PERTAMINA FASTRON TECHNO IT’S THE BEST..

  11. Aq udah nyoba Fastron ijo sama yg biru buat motor Xeon GT 125 sy,, menurut saya rasanya gk beda jauh antara yg ijo dan yg biru,,kalau yg ijo awal pemakaian agak berat tp kalau udah menempuh jarah diatas 100 kilometer udah enteng,beda sama Fastron yg biru tarikanya enteng sejak awal pemakaian…
    Tp untuk getaran mesin lebih halus yg ijo

  12. Wah… maaf ikut komen
    Kalau Fastron Techno ijo itu spesifikasinya Jaso MA atau MB ya?
    Kalau matic disarankan pakai Jaso MB, khawatir kalau speknya Fastron Techno ijo ternyata Jaso MA tar malah bermasalah dibelakangnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.