Ban Motor Tiba-Tiba Meledak, Ternyata Karena Gak Perhatiin Ini!

October 31, 2017 2685 0 0

TerasBiker.com – Halo Sobat Bikers sekalian, ada informasi menarik nih yang menurut Tebe perlu di bagikan, info yang masih berkaitan dengan roda dua tentunya, jadi gini sob..beberapa hari lalu Tebe sempet melihat postingan salah satu member di group FB yang memperlihatkan ban motornya, cuma yang bikin Tebe jadi tertarik bikin artikel ini bukan masalah Bannya melainkan penampakn yang gak lazim yang ada pada ban motornya, Yap…ban motornya tampak ada Benjolan gede yang siap meletus, dan ban yang satunya lagi infonya sudah meletus duluan. wah kira-kira kenapa dan apa penyebabnya? Yuk lanjutkan bacanya Sob!

Dari akun FB dengan user “Bon o Bon” (27/10/17) yang melakukan postingan kira-kira seperti berikut:

Sharing pengalaman aja ni…..
Klo isi angin di cek lagi ya…. ni adek isi angin kemaren. Pagi nya di kagetin bunyi kenceng bgt. Tetangga pd datang bunyi apaan tuh. Ga tau nya ban belakang meletus. Ban depan pd benjol gini.

Klo bisa sampai rumah cek lg. Buang dikit anginnya jika terasa ga pas.

Maklum ade cewe tinggal pake. Padahal waktu di gas sdh terasa ga enak. Isi angin langsung taro di samping rmh. Pagi nya kejadian meletus.

Nah…dari kisah Bro “Bon o Bon” diatas sebenarnya menurut Tebe Pribadi ledakan ban selain dipicu oleh tekanan angin/udara yang mungkin terlalu keras, juga di picu oleh kondisi ban yang bisa dibilang sudah Expired/kadaluarsa, Loh kok ban Bisa Expired/kadaluarsa….? bisa dong 🙂

Walau terlihat kondisi pattern atau kembangan ban masih tebal tapi terlihat kontur karetnya sudah mengeras, artinya kondisi demikian bisa dibilang ban sudah expired atau melebihi batas waktu yang tertera pada sisi ban, untuk kondisi normal, usia maksimal ban adalah antara 5-6 tahun, jadi walau kondisi ban masih ok, tetap perlu dilakukan pergantian agar tak beresiko. Sobat bisa liat kode pada bagian sisi ban dibawah ini.

Standart International sebagai salah satu acuan tersendiri yakni empat digit angka dari belakang yang menandakan minggu sekaligus tahun ban produksi.

Jadi, jika sobat ingin membeli ban..saran Tebe sebaiknya selain melihat kondisi ban yang bener-bener baru, Sebisa mungkin cek juga kode expired ban yang berada dibagian sisi ban seperti gambar diatas ya. Dan jangan pernah beli ban Bekas, ban rekondisi yang terlihat bagus dan mengkilap karena disemir cukup murah memang, tapi usia pakainya terbilang cukup singkat, bahkan bisa dihitung mingguan sudah bocor dan masalah lain (ini pengalaman pribadi hehehe), jadi hindari beli ban second ya.

Karena jika ban yang sobat beli ternyata expired/kadaluarsa walau baru, nantinya akan berefek pada durabilitas dan kenyamanan saat berkendara, compound ban akan menjadi mengeras dan tidak lentur kemudian ban menjadi retak-retak diarea sisi atau bagian tapaknya. Selain bisa meledak tiba-tiba, efek menggunakan ban yang telah Expired tentunya akan cukup riskan dimana daya cengkram ban menurun dikarenakan kondisi compound ban mengeras. Alhasil saat melakukan braking/pengeraman dan akselerasi akan lebih beresiko…ngerikan!

Last..sekali lagi sesuai saran Tebe diatas, agar sobat cek dulu tanggal pembuatan ban, supaya nantinya tidak mendapatkan ban dengan usia yang sudah tua alias melebihi masa pakai sesuai tanggal produksi. Karena ada kemungkinan toko ban yang kita datangi punya banyak stok penyimpanan ban yang sudah terlalu lama. Sering kali para pengguna kendaraan tidak tau arti masa pakai ban, dan lebih berpatokan pada kondisi ban yang di lihat secara fisik berupa sudah tipis kembangannya aja.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Sob!

Silahkan Baca juga Artikel lain Terasbiker.com di bawah ini Sob!

Follow Terasbiker juga ya Sob di Moladin, Aplikasi pernak pernik tentang dunia roda dua dan club motor paling komunikatif!

Salam,

-TerasBiker.com-

Tags: ban meledak, ban motor, masa expired ban motor, masa pakai Ban, usia pakai ban luar motor Categories: Tips
share TWEET PIN IT SHARE
Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: