Akhirnya Tergoda Juga sama Oli “Sesat” Keluaran Pertamina ini !!

Terasbiker.com – Halo Sobat Bikers sekalian, ceritanya beberapa hari kemarin Tebe dibuat galau sama si Vario yang emang udah waktunya harus ganti oli mesin, maklum sob…jadwal rutin pergantian oli mesin wajib buat Terasbiker lalukan tiap awal bulan…cuma yang bikin galau bukan karna waktu ganti udah deket, tapi malah kepikiran mau keluar dari kebiasaan ganti oli yang direcomendasikan pabrikan, kalo biasanya kan pake oli MPX2 biru yang merupakan oli Asli AHM khusus matik. cuma kali ini mau rada anti mainstream ah… coba merek lain!

Memang banyak sih pilihan oli yang recommeded buat matik, tapi akhirnya pilihan jatuh ke oli keluaran dari Pertamina, Yup…akhirnya Tebe pilih Fastron Techno Hijau dengan SAE 10W-40 kapasitas 1liter. Nah kebetulan oli ini cuma di jual di pertamina aja.. walau sebenarnya banyak yang jual juga sih di Online shop, tapi karena alasan lebih praktis akhirnya Tebe beli langsung aja ke Pertamina (SPBU-31) di lenteng Agung… kebetulan tiap pagi lewatin SPBU itu, Melipir lah Tebe dan langsung masuk ke Toko Bright, ada beberapa memang jenis Fastron Techno yang di display, tapi pilihan tetap yang IJO hehehe…

Alasanya kenapa Tebe pilih yang Warna Hijau, karena untuk yang Fastron Hijau punya tingkat kekentalan lebih tinggi yakni 10W-40, lebih tinggi dari oli pabrikan yakni 10W-30, penjelasan singkatnya sih begini semakin kental oli, maka pelumasan akan semakin baik, cuma ada kekurangnya sob, artinya semakin kentalnya oli pastinya akan menghambat kerja part yang bergerak. contoh Analogi sederhanya dalam kehidupan, sobat pasti akan lebih mudah bergerak di air encer dari pada air yang tingkat kekentalan tinggi, jadi itulah mengapa penggunaan oli encer kan membuat tarikkan mesin jadi lebih enteng, namun sebenarnya efek keausan mesin akan lebih mudah terjadi pada pelumas yang encer dari pada oli kental. Terus Soal Harga gimana ? Sobat bisa liat aja dah tuh image diatas… Jelas banget ya bandrol harganya hehehe…

Nah Besoknya…pas masih pagi-pagi banget sebelum berangkat kerja Tebe sempetin buat proses pergantian oli, kebiasanya memang lebih enak ganti oli pas pagi-pagi dimana kondisi mesin masing dingin dan belum ada aktivitas, kondisi oli pun masih mengendap jadi pas buka baut Tap…oli lama pun terjun bebas ke bak pembuangan…mak byuurrrr 😀

buat yang belum tau caranya ganti oli Vario 125 eSP bisa coba klik link dibawah :

Jangan lupa ditakar ya Sob.. karna di Vario 125 eSP cuma butuh 0.8 Liter aja, jadi sisain 0,2 Liter ya hehehe, mayan ditabung eh dikumpulin hehehe… 😀

Setelah beres diganti, Nyalakan Mesin…Wowwww suara mesin yang sebelumnya terdengar kasar, beeuhhh jadi ilang sob, terdengar adem…ini baru Efek pertama karna oli lebih kental, lanjut ke Impresi pas dibawa jalan menuju tempat kerja dan melibas kemacetan jakarta.. maklum sob tiap hari PP Cibinong-Jakarta 64 KM, tau gak apa yang Tebe Rasa…pas jalan berangkat udara pagi masih seger-segernya, tarikan mesin empuk bener…! pokoknya beda banget ama tarikan sebelumnya…Mantapsssssss!

Last…..Segitu aja dulu ya Impresi Pertama Pake Oli Mesin Fastron Techno Hijau SAE 10W-40, Untuk kelanjutannya nanti akan ada review kembali setelah penggunaan satu bulan pertama, Tebe juga catat KM terakhir Sob, ya mudah-mudahan kondisinya akan enak terus sampe 3000 KM on the go!

Sihkan Baca juga Artikel lain Terasbiker.com di bawah ini Sob!

Salam,

-TerasBiker.com-

This entry was posted in Honda, sharing and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Akhirnya Tergoda Juga sama Oli “Sesat” Keluaran Pertamina ini !!

  1. asd says:

    Baru sekali nyoabain ya om? ane udah jalan 2 tahun. no complain!!
    Diem diem aja om, jangan kasih tau siapa-siapa. Nanti pada ikutan, PFT ijo bisa naik harga. bisa bahaya. wakakaka 😀

    • TerasBiker.com says:

      Owalah…pemain lama toh.. hiihihihi
      sumpah ane emang baru nyobain PFT Om, iya bener..klo tau banyak yg pake, pasti naik harga, tahun 2016 masih 60rban sekarang jadi 80rban 😀

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...