WOW…Mesin V4 Terbaru Ducati 4 Silinder Bobotnya Cuma 64,8 kg, Calon Mesin Panigale Stradale!

TerasBiker.com – Helo sobat bikers sekalian, Ducati baru saja merilis mesin 1.103cc terbarunya yang mempunyai konfigurasi 90 derajat 4 silinder V4, dengan katup Desmodromic. Mesin yang merupakan hasil pengembangan dari mesin Desmosedici untuk ajang MotoGP, jika melihat dari sisi dimensi ukurannya V4 ini sengaja dibuat semirip mungkin sehingga menghasilkan bobotnya yang hanya 64,8 kg atau bila dibandingkan dengan mesin mesin Panigale 1299 lebih ringan 5 kg meski jumlah silindernya lebih banyak yaitu 4 dan sebelumnya hanya 2 silinder saja.

Ducati resmi membuka selubung mesin motor terbarunya yang memiliki konfigurasi 4 silinder V4 dengan Mengambil momen pelaksanaan MotoGP yang segera digelar di Sirkuit Misano pekan ini, mesin ini diperkenalkan langsung dari hospitality tim MotoGP Ducati Sob! Yup kenapa dinamakan menin V4, karena secara fisik terlihat jelas mesin ini memiliki bentuk V, dengan dua buah piston di masing-masing kepala silindernya.

New engine Ducati Dengan konfigurasi 4 silinder V4

FYI..Mesin yang diturunkan dari teknologi prototipe Desmosedici di ajang MotoGP ini, planningnya akan dibenamkan pada model terbaru superbike Ducati yang nantinya diberi nama Panigale Stradale, Jika kita melihat pendahulunya, Sepertinya Panigale Stradale akan menjadi produk masal yang akan menjadi pengganti dari Panigale 2 silinder L-twin untuk berlaga di ajang World Superbike (WSBK).

Memiliki bore x stroke 81mm x 53,5mm. Sebagai perbandingan, konfigurasi stroke Desmosedici hanya berukuran 48,5mm. Pada Ducati V4 stroke dibuat lebih panjang agar kapasitas mesin bisa tembus 1.000cc. Wow!! Menurut Ducati, mesin V4 Stradale terbarunya sangat seimbang, baik untuk kenyamanan dan efisiensi mekanik, salah satu sebabnya karena mesin mampu digeber melewati putaran mesin 13.000 rpm.

“Pengembangan mesin kami telah menunjukkan performa yang amat sangat luar biasa di MotoGP. Kami memiliki mesin (V4) yang sangat handal, ringan, kompak dan banyak memiliki teknologi menarik,” ungkap Claudio Domenicli, CEO Ducati, beberapa waktu lalu.

faktor yang membuat mesin V4 Ducati terbaru ini lebih efisien, adalah karena mengadopsi Crankshaft atau poros engkol dengan dua crankpin (bearing) yang dipasang pada kemiringan sudut 70 derajat untuk mendapatkan mesin V4 yang seimbang. Crankshaft yang inovatif ini sama persis seperti yang diaplikasi pada mesin Honda NC700.

Mesin yang memiliki rasio kompresi 14,0: 1 ini bisa mengeluarkan tenaga maksimal hingga mencapai 210 dk pada 13.000 rpm dan torsi puncak 119,9 Nm pada rentang 8.750 sampai 12.250 rpm.. Sadissss!!!

Nih buat sobat yang penasaran raungan dan tenaga yang bisa dimuntahkan dari mesin terbaru 4 Silinder racikan ducati, bisa tonton videonya Sob!

BACA JUGA :

 

Salam,

-TerasBiker.com-

This entry was posted in Ducati, Moge, Tech Talk and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...