Catatan Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Motor Di Kantor Samsat Depok!

August 20, 2017 4126 0 1

Suasana Di kantor Samsat Depok

TerasBiker.com – Halo Sobat Biker sekalian, Rutinas berkendara tentunya sudah menjadi bagian yang tidak penah hilang dalam keseharian masyarakat Indonesia khususnya di Depok, klo bisa di bilang setiap dari kita pasti minimal punya satu kendaraan yang namanya motor, baik itu jenis motor Skutik, Bebek atau Sport! cuma pada artikel ini Terasbiker gak  membahas mengenai kendaraannya, melainkan tentang kewajikan kita sebagai warga negara yang baik yaitu kesadaran akan membayar Pajak kendaraan motor yang kita punya… 🙂

Nah… di artikel ini Terasbiker mau membagi pengalaman dan Tips gimana sih cara bayar pajak kendaraan agar lebih tepat, cepat dan hemat waktu tentunya ? Tepat disini adalah dimana kita harus bayar pajak kendaraan motor yang kita punya, karena saat ini sudah banyak tersedia tempat atau gerai samsat Selain di Kantor Samsat induk, seperti Gerai Samsat di Bank BJB, Gerai Samsat di pusat perbelanjaan (Mall) atau Gerasi Samsat keliling, dan tentunya untuk pembayaran pajak yang dilayani hanya untuk pajak tahunan aja, jadi berbeda klo yang mau bayar pajak 5 tahunan harus tetap ke kantor Samsat Bersama (pusat/induk) di kota masing-masing, kan percuma udah dateng ke gerai samsat ternyata disuruh bayar ke Samsat Induk..karna gak tau informasi!

Kebetulan jatuh tempo pajak motor kepunyaan TerasBiker yang masuk tahun kedua akan habis bulan Agustus ini, jadi harus bayar pajak tahunanya…Nah agar lebih hemat waktu TerasBiker mau berbagi Tips nih dari pengalaman kemarin, karena dari pengalaman kemarin Terasbiker memperhatikan masih banyak diantara para pembayar pajak yang terlihat bingung alur cara pembayarannya, mulai dari berkas yang belum siap dan harus menuju tempat Foto copy plus antri pula, gak tau diletakan dimana berkasnya dan setelah itu apalagi yang harus dilakukan… tentunya masih banyak ketidak tahuan dilapangan, karena maklum Sob’ rutinitas ini hanya dilakukukan setahun sekali 😀

Nah dari pengalaman tersebut Tebe ingin berbagi sedikit Tips mudah agar tidak mengalami hal-hal tersebut diatas, ok Silahkan simak 5 tips mudah bayar pajak motor berikut ini :

1. Lihat tanggal jatuh temponya

Kapan sobat mau putuskan untuk melakukan pembayaran pajak motornya ? Sobat bisa liat tanggal jatuh tempo kapan harus bayar pajak kembali, jadi sebisa mungkin jangan terlalu mepet atau Pas tanggal jatuh tempo pajaknya, karena dengan kondisi tersebut.. sobat akan di paksa keadaan karena klo gak dibayar atau telat bayar akan kena Denda. Sebisa mungkin bayarlah pajak kendaraan motor kita paling tidak satu minggu sebelum waktu jatuh temponya.

2. Tentukan dimana sobat mau bayar pajakanya

Kebetulan untuk pembayaran pajak motor kemarin Tebe lakukan di kantor Samsat Induk Depok, Lokasi Jalan Raya Merdeka, Depok II Tengah, Sukmajaya. Karena memang cukup dekat dengan rumah tempat tinggal Tebe, jadi ga perlu jauh-jauh deh.. tapi klo lokasi sobat jauh bisa bayar di Gerai Bank BJB atau pada layanan samsat keliling di lokasi yang biasanya telah ditentukan.

3. Siapkan Berkas yang dibutuhkan

Nah.. biasanya ini yang paling banyak di abaikan, jadi dateng ke samsat belum bawa berkas yang sudah siap / telah di Foto Copy..berapa banyak waktu terbuang karena hal sepele yang seharusnya bisa di siapkan sebelumnya, selain harus mengantri untuk Foto Copy di area Samsat biaya pun terbilang gak wajar alias nembak, bayangkan sejak tahun 2005 lalu (pengalaman pertama Tebe waktu bayar pajak di samsat dulu) sampe saat ini foto copy di area samsat biasanya dikenakan biaya Rp. 5.000,-, klo dihitung-hitung biaya fotocopy sendiri dari berkas yg di perlukan cuma Rp. 2.000,- aja, lumayan kan sisanya bisa buat parkir masih lebih malah hehehe… karena Tebe sendiri selalu siapin berkas sebelum dateng ke samsat, yang isinya adalah Fc: BPKB, STNK dan Bukti pembayaran Pajak tahun sebelumnya, KTP, yang di masukan kedalam map kertas kecuali BPKB Aslinya ya. Jadi klo kita sudah siapkan berkas dari rumah akan lebih hemat waktu pastinya.

kira-kira berkasnya di susun seperti dibawah ini :

Berkas yang di Fc : KTP, STNK&Bukti pajak tahun lalu (asli dan Fc), BPKB, di susun seperti gambar dan masukan dalam map karton, BPKB Asli di pegang!

4. Hindari bayar pajak di Jam Sibuk

Disini Sobat harus tau kapan kondisi/waktu kantor pelayanan Samsat Bersama akan penuh dengan antrian, Yup.. Pastinya semua orang ingin datang lebih awal, cuma yang jadi persoalan karena ingin cepet selesai akhirnya semua pada datang pagi..mungkin yang datang paling pagi atau sebelum kantor buka mendapat antrian lebih awal, nah gimana yang dateng setelah itu, dan pastinya dalam satu hari akan sangat banyak orang yang ingin bayar pajak kendaraanya, akhirnya semua antrian menumpuk di waktu tersebut. Paling tidak Hindari datang pada waktu diatas jam 8 pagi sampe dengan jam 11, karena pastinya akan cukup banyak menunggu antrian dan akan terpotong waktu istirahat petugas di tiap loketnya. Saran Tebe, klo memang sobat telat/tidak bisa datang Pagi-pagi, lebih baik mundurkan saja sampe siang hari sampai jam setelah Istirahat antara jam 1 atau 2 siang, pada waktu tersebut aktivitas/volume antrin sudah mulai berkurang, jadi pastinya walau mengantri tapi tak akan lama Sob.

5. Cari Tau Tujuan Loket

Pastikan yang pertama dicari tau adalah loket pendaftaran, sobat bisa tanyakan ke bagian informasi atau kepada pak satpam disana, untuk loket pendaftaran pertama dimana sobat harus letakan berkas yang sudah di siapkan tadi yaitu ke Loket Progresif, karena disini pintu pertama berkas di lakukan pengecekan , apakah pajak yang dibayarkan nantinya merupakan tarif pajak Progresif dari kendaraan yang kita punya.

Loket Progresif Tempat pertama berkas di serahkan – ada di sebelah kiri Depan pintu masuk

Jika berkas sudah di serhakan ke loket Progresif..nanti proses berlanjut ke pembayaran di loket yang ada.. Sobat bisa tunggu sambil dukuk santai tapi tetap fokus dengan suara panggilan petugas via pengeras suara dari loket pembayaran tadi, Klo sudah bayar pegang bukti struk pembayaran untuk selanjutnya nunggu kembali panggilan dari loket penyerahan STNK dan bukti pembayaran pajaknya. Selesai.. sebelum meninggakan tempat silahkan di cek kembali sob agar tidak ada kesalahan.

Ok Sob, Jika 5 poin diatas sobat penuhi… Sudah dipastikan pada waktu ingin membayar pajak kendaraan tidak lagi membutuhkan waktu yang lama, sedikit info waktu kemarin Tebe bayar pajak motor dengan sebelumnya mempersiapkan poin-poin diatas, yang dulu biasanya antri lama sampe bisa satu setengah jam, kemarin ga lebih dari 30 menit udah selesai.

Last..Walau cuma sekedar tips dari pengalaman pribadi, Terasbiker berharap artikel ini dapat bermanfaat buat sobat-sobat sekalian yang kebetulan lagi cari referensi tentang bayar pajak kendaraan roda dua.. Tebe akan sangat senang tentunya jika artikel ini bisa membantu sobat sekalian.

BACA JUGA:

Salam,

-TerasBiker.com-

Tags: Bayar Pajak Motor, bayar pajak motor sendiri, bayar pajak tahunan motor, cara bayar pajak motor, Kantor Samsat Depok Jl Merdeka, Samsat Depok, tips bayar pajak motor Categories: sharing, Tips
share TWEET PIN IT SHARE
Related Posts
Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: