[DIY] Ganti Sendiri Disk Pad Vario Techno 125/150, Lebih Hemat dan Gampang Sob!

April 4, 2017 594 2 0

TerasBiker.com – Hallo Sobat TeBe sekalian, Berhubung disk pad atau biasa kita kenal dengan sebutan kampas rem cakram depan motor TerasBiker udah masa-masa kritis dan perlu diganti, so untuk kali ini Tebe gak seperti biasa melakukan pergantian di AHASS hehehe… kenapa? karena jujur ya cuma ganti part kampas rem aja biaya pasang sampe Rp. 23.000,- harga disk pad sendiri Rp. 51.000,- jadi untuk melakukan pergantian 1 part aja itu perlu mengeluarkan budget 70ribuan Mas Sob, klo bisa dikerjain sendiri kenapa mesti harus kebengkel, kan bisa lebih hemat.. 😀 bener ga Sob  ? karena dari masa-masa SMA dulu Tebe sering nongkrong di bengkel temen jadi klo buat ganti part mah bisa, cuma sebelumnya emang terbatas di kunci-kunci aja..

Nah.. dari segala keterbatasan diatas Akhirnya sekarang Tebe coba nyicil dikit-dikit kunci/ toolkit yang sekiranya dibutuhkan biar bisa ngoprekin tunggangan sendiri dirumah tanpa harus kebengkel, OK.. kembali ke Judul lagi hehehe…berbekal kuncil yang telah dibeli kini Tebe bisa melakukan pergantian disk pad/ kampas rem depan si Vartech 125 kepunyaan TerasBiker sendiri dirumah, dengan begitu akan menjadi lebih hemat kan ?

Oke sekarang kita coba mulai gimana cara melakukan pergantianya, caranya cukup mudah Sob’ yang penting sobat udah punya kuncil L bintang dan kunci T atau Y dengan ukurang 8mm.

kira-kira seperti ini penampakan dari kunci-kunci yang diperlukan,

Yuk disimak cara dan langkah-langkahnya :

  1. Buka Bagian Kaliper disk brake dengan kunci L bintang yang sudah di persiapkan

Ket. 1 dan 2 buka baut dengan kunci L bintang dan 3 buka baut dengan kunci Y/T ukuran 8mm

  1. Setelah dibuka, keluarkan disk Pad lama dan bersihkan dengan sikat gigi bekas atau bisa juga dengan kuas.

Bersihkan kotoran dan debu yang menempel

  1. Jika bagian Kaliper disk brake sudah bersih, berikan pelumas dibagian-bagian tertentu agar pergerakan saat melakukan pengereman menjadi lancar

  1. pasang disk pad/ kampas baru, agar proses pemasangan kembali lebih mudah, silahkan di lakukan pendorongan piston diskbrake dengan kunci atau obeng.

  1. Pasang kembali kaliper diskbrak dan kencangkan kedua bautnya.

  1. Lakukan pengocokan tuas rem agar kondisi angin terisi kembali dan lakukan hingga benar-benar normal seperti sebelumnya.

Proses pergantian disk Pad vario dan pemasangan kaliper disk brake selesai 🙂

Itulah langkah demi langkah dari proses pergantian disk pad pada motor vario techno 125, Mudah bukan Sob’ ? jadi selain bisa dilakukan sendiri dirumah kita juga bisa lebih berhemat 🙂 oh iya Sob, untuk proses pergatian diskpad lama dengan yang baru pastinya kondisi pengereman masih belum terlalu pakem, jadi mesti perlu penyesuaian disk pad baru pada piringan cakram agar bisa lebih gigit saat melakukan pengereman.

Selamat Mencoba sendiri dirumah yah.. Semoga bermanfaat ya sob 🙂

Salam,

-TerasBiker.com-

Tags: ganti kampas disk vario, ganti kampas rem depan vario, Ganti Sendiri Disk Pad Vario Techno 125, kampas rem depan vario, kampas rem depan vario 125, kampas rem depan vario 150, Pasang sendiri disk pad vario Categories: accecories-part, DIY, Honda, sharing
share TWEET PIN IT SHARE
Comments
  1. -

    Mas mau tanya nih

    Kalo mengatur suspensi pada vario bagaiman caranya?

    Terima kasih

    1. -

      Salam kenal Mas Bro 🙂
      Pengaturan Suspensi bagian mana ya ? Klo bagian belakang gak bisa karena tipe suspensinya bukan model yang ada adjuster (penyesuain), klo untuk suspensi depan mungkin bisa diakali dengan cara mengurangi/tambah oli shocknya, klo terlalu keras, takarannya bisa di kurangi, begitu juga sebaliknya jika terlalu empuk ditambah oli shocknya…

      Sejauh ini Tebe Sendiri belum melakukan itu di vario 125, karena kondisi shock depan terbilang masih nyaman Bro 🙂

      Moga ada bayangan hehehe…Thanks udah mampir Mas Bro 😀

Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

%d bloggers like this: