Tips mudah Menghilangkan Bekas Baret Pada Body Motor, Silahkan di simak Sob!

Gambar Ilustrasi proses poles bagian permukaan cat pada spakbor motor dengan Compound

TerasBiker.com – Halo Sobat Tebe Semua! Artikel ini Tebe tulis setelah ada member “FP” yang minta dibuatin Tips/Trik cara mudah menghilangkan bekas goresan/ baret pada body motor kesayangannya. Mungkin dari sekian banyak pembaca blog TerasBiker pasti ada yang pernah merasakan sedihnya setelah tau klo bagian body atau spakbor depan motor yang biasa dicat glossy ada bekas baret/ lecet karna bisa jadi kesalahan sendiri atau lecet-lecet ulah tukang parkir yang sembarangan geser motor tanpa perhitungan, huft..:( bukan mau menyalahkan sih…. tapi memang kebanyakan seperti itu, atau bisa juga karena ulah pengendara lain yang biasanya ngerem mendadak dan kita juga gak jaga jarak alhasil tabrakan ringan pun ga bisa di hindarkan..

Hal lain yang bisa menjadi penyebab selain diatas tadi adalah partikel-partikel kotoran atau pasir yang menempel dan tanpa kita sadari saat kita membersihkan dengan lap/ kanebo malah membuat bodi motor jadi pada baret-baret halus, Nah.. sebagai saran dari Tebe.. jika kondisi motor dalam keadaan kotor habis kehujanan dan tidak langsung di cuci, sebaiknya biarkan saja dan jangan dibersihan dengan cara langsung dilap dengan kain atau lap khusus seperti kanebo, karena hal tersebut justru akan membuat permukaan cat menjadi lecet. Jika kondisi motor dalam keadaan kotor, maka bisa di bersihan dengan cara mengalirkan air dengan selang lalu diusapkan dengan kain agar serpihan/ partikel pasir yang kasar bisa ikut mengalir dan lebih aman tentunya.

Kembali kejudul diatas..Tips cara menghilangkan bekas baret pada body Motor, oke perlu di ingat kembali ya Sob, tips ini hanya berlaku pada bekas lecet/ goresan yang terjadi di permukaan cat saja yah.. artinya jika lecet/ bekas goresan yang cukup dalam hingga kedasar cat, maka proses menghilangkanya pun berbeda, berikut adalah beberapa cara/tips menghilangkan bekas goresan  ringan pada body motor..

Cara menghilangkan baret pada bodi motor :

Sebaiknya sobat semua sudah mempersiapkan beberapa alat yang diperlukan seperti berikut ini yah:

1. Air untuk membersihkan permukaan body motor yang lecet/ baret
2. Amplas halus dengan ukurang minimal 2000
3. Kompound Halus atau bisa juga dengan Sanpoly
4. Lap/kain halus

Oke kita lanjut ke bagian cara melakukannya, Pertama Jika kondisi motor masih kotor/habis kehujanan atau berbedu, silahkan dibersihkan dengan air atau di cuci sekalian hehehe, dengan Amplas halus ukurang 2000 tadi, lebih halus lebih baik.. tetapi perlu kesabaran. Pastikan amplas sudah di basahkan/ di rendam air..kemudian dengan kondisi basah, amplas bagian body motor yang lecet dengan gerakan seharah (kekiri-kanan/keatas-bawah) hati-hati dan harus sabar hingga permukaan bekas lecet hilang, jika dirasa sudah hilang bekas lecetnya, keringkan dengan lap kain.

Kemudian langkah yang kedua, berikan Kompound secara merata untuk lebih memperhalus permukaan cat, lakukan proses penghalusan ini dengan cara mengelap bagian yang telah di beri kompound tadi dengan lap, caranya gerakan lap dengan cara memutar searah hingga benar-benar bersih dan licin. Untuk kompound sendiri sobat bisa beli disupermarket atau toko cat biasanya banyak yang jual, bisa juga dengan merk Sanpoly ada yang cair dan padet.

Nih..Alat bantu Poles jenis Compound, ada KIT, SANPOLY dan POLISHING COMPOUND

Dan langakah terakhir ketiga adalah..untuk lebih mengkilapkan, sob bisa gunakan cairan poles yang banyak dijual di pasaran..misalnya KIT atau sejenisnya sob. yang penting untuk finishing, di semprotkan atau di balur hingga rata dan biarkan beberapa menit baru deh di lap sampe halus dan mengkilat kembali.

carrera cairan poles serbaguna

Nah.. dari beberapa langkah di atas kira-kira mudah bukan jika dilakukan secara mandiri dirumah dikala waktu senggang pastinya hehehe.., hal tersebut selalu Tebe lakukan biasanya pas abis nyuci motor sendiri dan dipoles sendiri, tentunya dengan cara tersebut motor kesayangan sobat akan tetap bersih dan bekas baret-baret pasti ga keliatan lagi hehehe.. so, hal ini juga bisa menghemat biaya..jadi gak usah galau mau ganti body motor lantaran udah banyak bagian yang lecet-lecet. Last.. Saran Tebe, sebaiknya untuk menghidari body motor lecet ringan baiknya bisa di pasangkan dengan skotlet transfaran biar permukaan cat tetap aman walau terkena gorena dengan kendaraan lain.

Oke demikianlah sedikit tips dan trik mengenai cara menghilangkan baret pada motor kesayangan anda. Selamat mencoba!!

semoga bermanfaat ya Sob!

BACA JUGA :

 

salam,

-TerasBiker.com-

This entry was posted in sharing, Tips and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Tips mudah Menghilangkan Bekas Baret Pada Body Motor, Silahkan di simak Sob!

  1. Citop says:

    Mantab nih informasinya…terutama harga komponen, jadi kalau mau ganti sparepart sudah ada bayangan harganya..bravo tebe

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...