[DIY] Ganti sendiri Oli Gardan Vario Techno 125 ESP, Begini Caranya!

February 18, 2017 1414 8 0

Ganti Oli Gardan Vartech 125 esp – Terasbiker.com

TerasBiker.com – Hallo Sobat Tebe’ semua, kali ini Tebe ingin sharing gimana sih cara ganti oli Transmisi gear (oli gardan) pada motor Vario 125 CBS, Vario 125 Techno ESP atau Vario techno 150 dan artikel ini bakalan jadi katergori artikel DIY [Do It Yourself] perdana Tebe hehehe, artinya nanti akan ada sesi lanjutan dari artikel DIY lainnya Sob..Yup untuk hal-hal yang bisa dilakukan sendiri jika ada waktu luang dan Tools (kunci) yang bisa digunakan, kenapa harus ke bengkel ? 😀

Oke Sob, balik ke judul artikelnya, Ganti sendiri Oli Gardan pada motor Vario techno 125 Esp. Sebelum Tebe jelasin gimana cara gantinya, perlu di ketahui juga apa sih oli Transimi (oli gardan) itu dan berapa lama sih waktu yang dianjurkan untuk melakukan pergantianya? karena memang masih banyak yang tidak tahu letak pengisian oli gardan dan bagaimana caranya, serta berapa lama jarak waktu pergantianya. So mari kita bahas.. 🙂

Oli Transmisi atau yang umum disebut oli gardan adalah oli yang berada di bagian belakang tepatnya pas dibagian pemutar roda belakang yang mejadi kesatuan dengan are CVT, pada motor matik selain oli mesin ada oli transmisi (oli gardan) yang pelu diganti secara berkala. Karena berfungsi untuk memperlancar kinerja Transmisi otomatis pada motor matik, jadi gini sob.. pada bagian transmisi ini banyak komponon yang saling bergesekan saat bekerja sercara otomatis, jika transmisi ini kekurangan oli atau bisa juga kondisi oli sudah tidak layak maka pastinya bisa menyebabkan komponen di dalamnya mengalami keausan dan jika dibiarkan lama kelamaan bisa rusak Sob, biasanya ditandai dengan adanya bunyi dibagian box CVT.

Nah..klo tadi kita bahasa apa itu oli gardan dan fungsinya, sekarang lanjut ke berapa lama waktu pergantian berkalanya, jika sobat membeli kendaraan pastinya dapet yang namanya buku pedoman pengguna, nah di buka tersebut biasanya lengkap tuh dijelasin.. cuma yang jadi masalah kebanyakan gak pada di baca hehehe…Untuk oli Transmisi idealnya perlu di lakukan pergantian dengan jarak tempuh 8.000 KM atau kira-kira 8 bulan pemakaian.

Kira-kira dari sedikit penjelasan Tebe diatas udah paham ya sob’ apa itu oli gardan, fungsi dan berapa lama pergantianya. Sekarang kita lanjutkan cara melakukan pergantianya sendiri..yup silahkan disimak ya 🙂

Cara mengganti sendiri Oli gardan/ oli Transmisi Vario Techno 125 esp :

1. Siapkan Oli Gardan

Sobat bisa beli di bengkel sparepart motor atau bisa juga langsung beli di Ahass, Harganya Rp. 17.000, gunakan merek Asli AHM ya sob sesuai rekomendasi aja dengan ukuran 120ml.

pict. 1 – Oli Gardan dan alat yang digunakan

2. Siapkan Kunci

Nah buat sobat ya udah punya kunci Shock ukuran 12mm itu udah cukup, bisa juga menggunakan kunci pas atau kunci ring ukuran yang sama 12mm. (lihat pict./gambar 1)

3. Siapkan juga Cutter/Gunting/ Tang

Tools ini nantinya digunakan untuk memotong bagian ujung dari botol oli saja. Pokoknya alat untuk memotong hehehe…kebetulan yang Tebe gunakan adalah tang.

4. Lap kain atau Tissue

Untuk membersikan bekas oli yang mungkin nanti berceceran sob.. yang biasa berceceran pasti udah tau lah 😀

5. Wadah untuk oli bekas

Bisa gunakan bekas botol air mineral yang dipotong sebagian (lihat pict./gambar 1)

Nah, jika semua sudah siap.. sekarang lah waktunya kita mulai….

1. Posisi motor bisa di standar miring atau lebih enak sih di standar dua dan dimiringkan dengan standar satu sebagai tumpuan, Tujuannya suapaya oli lebih cepet mengalir keluar.

pict. 2 – Posis motor di standar 2 dan dimiringkan menggunkan standar 1

2. buka baut penutup dari tempat masuknya oli baru.

Pict. 3 – Buka Baut bagian pengisian -in (1) dan baut pembuangan -out (2)

3. letakan wadah yang telah di siapkan tadi pas dibawah baut pembuangan agar ketika baut dilepas oli mengalir pas ke wadah, tunggu hingga oli bekas/lama bener-bener keluar semua.

pict. 4 – Langkah pembuangan oli lama, ukuran baut pembuangan lebih panjang

4. Sekarang pasang kembali baut pembuangan tadi hingga kecang agar tidak terjadi kebocorang/ oli rembes.

pict. 5 – Tutup kembali baut pembuangan dan potong bagian ujung botol

5. Potong bagian ujun dari botol oli gardan (lihat pict. 5 diatas)

6. Isi dari bagian baut atas (In) dengan memasukan ujung botol sambil di pencet-pencet botolnya sampai oli benar-benar habis.

pict. 6 – Tahap akhir, Isi oli dan tutup kembali dengan baut bagian pengisiannya.

7. Tutup/pasang kembali baut penutup hingga kencang,

Nah sampe disini selesai deh proses pergantian oli gardan pada motor Vario techno 125 Esp, mudah bukan ? So, buat sobat yang memang punya waktu ga ada salahnya mencoba melakukannya sendiri dirumah baik itu oli gardan atau oli mesin, memperhatikan masa pakai oli sesuai anjuran dan dilakukan secara rutin selain membuat performa motor tetap baik juga dapat memperpanjang usia pakai dari komponen motor itu sendiri.

Last…Demikianlah langkah dan cara melakukan pergantian oli gardan yang Terasbiker aplikasikan di Motor Vario 125 Esp sendiri, untuk hal yang sama pun tetap bisa dilakukan pada jenis matik lain, tetapi tetap memperhatikan kebutuhannya, misalnya saja pada jenis penggunaan Oli yang direkomendasikan pabrikan, ukuran dan letak baut pengisian dan pembuangan oli yang secara langkah pastinya sama.

Semoga bermanfaat dan selalu keep Safety Riding Sob’ 🙂

BACA JUGA :

Salam,

-TerasBiker.com-

Tags: cara ganti oli gardan motor vario 150, cara ganti oli gardan vario 125, cara mengganti oli gardan vario 150, ganti oli gardan, ganti sendiri oli gardan vario, oli gardan vari techno 125 esp, oli gardan vario, tempat keluar masuknya oli gardan pada vario 150, vario 125 Esp Categories: DIY, Honda, sharing
share TWEET PIN IT SHARE
Comments
  1. -

    Petunjuknya sangat bermanfaat sekali

    1. -

      Terimakasih Bro ahmad sani saputra, Tebe Senang sekali jika artikel ini bisa memberi manfaat buat pembaca sekalian,

      Salam… satu Aspal Bro!!

  2. -

    Terimakasih infonya..sangat bermanfaat

    1. -

      Sama-sama Bro Nikkoz…Silahkan bagikan ke yang lain jika info ini bisa bermanfaat 🙂

  3. -

    Mksh brother,infonya sangat membantu.sukses trus dan sll berikan informasi dan inovasi yg bermanfaat.

    1. -

      Alhamdulillah…seneng klo apa yg Tebe tulis bisa bermanfaat buat pembaca…semua, Thanks Om Rusmadi udah mampir di blog sederhana ini…😊

  4. -

    Lebih baik ganti oli dgn gear oil sae 90…yg oli gardan matic rata2 oli mesin yg encer. Padahal, untuk gardan perlu pelumasan khusus. Harganya murah lagi… 1 liter 40 rban.

    1. -

      wah baru tau ane Om, merk apa Om ?

Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

%d bloggers like this: