Komparasi Harga dan Performa BBM Ron 92, Pertamax, Shell dan Total, Kalo Mas Bro pilih yang mana ?

January 22, 2017 1632 10 3

TerasBiker.com – Halo Maz Brosis dan sobat Terasbiker semua, berawal ketika Terasbiker pulang kerja dan mendapati bensin si Bleki (sebutan buat Vario Techno 125 kepunyaan Tebe) cukup tiris hanya tersisa satu strip, akhirnya coba melipir ke SPBU Pertamina di Mampang prapatan, ternyata Antrian di pengisian pertamax cukup panjang Sob’ dan di putuskan untuk jalan lagi…

Nah secara gak di segaja pula Terasbiker langsung melipir ke SPBU Total dibilangan jalan Buncit Raya karena terlihat sepi cuma ada beberapa motor saja yang sedang melakukan pengisian bbm, dari Sini bermula ide TerasBiker melakukan komparasi sesuai judul artikel diatas Mas Bro, komparasi yang dilakukan hanya dengan feeling berkendara saja tanpa menggunakan alat bantu seperti halnya “RaceLogic” dan perbandingan hanya untuk ketiga BBM dengan jenis Ron 92 diantaranya adalah Pertamax dari pertamina, shell Super dari Shell Advance, dan terkhir adalah Performance 92 dari Total.

Oke kita lanjutkan, dengan menggunakan Honda Vario techno 125 lansiran tahun 2015 serta kondisi motor yang masih standar ting-ting hehehe.. Proses komparasi Terbiker lakukan dalam waktu 6 hari, karena untuk merasakan sensasi dan feeling berkendara Terasbiker pribadi putuskan untuk melakukan selama 2 hari berturut-turut untuk masing-masing bbm hingga pengisian selanjutnya pada bbm berbeda, dari situ terasbiker bisa membandingkan efek dari ketiga BBM terhadap Performa Vario Techno 125.. Nah Kira-kira mana diatara tiga jenis BBM Ron 92 yang paling oke buat performa dan tarikan si bleki ?

Mari kita mulai dari yang Pertamaxx..

1. Pertamax dari Pertamina

BBM Varian kelas Menengah Pertamina dengan nilai oktan atau Ron 92 yang memilik harga termurah ditingkatannya, setelah awal tahun pemerintah melakukan kenaikan kembali dari Rp. 7.750/lt menjadi Rp. 8.050/lt adalah merupakan jenis BBM yang memang sudah familiar di motor Vario Terasbiker Sob, karena dari baru turun langsung menggunakan bbm jenis ini, jadi untuk performa baik tenaga dan kecepetan yang dihasilkan emang cukup oke ditarikan awal masbro, tetapi untuk tarikan panjang menurut terasbiker masih kurang lepas, berasa ketahan gimana gitu, secara penggunaan bbm ini sudah hampir satu tahun lebih diserap injeksi si vario, jadi karakter dan performa yang dihasilkan terasbiker sudah cukup tau seperti apa..

SPBU Pertamina Lenteng Agung, Jaksel-Foto:TerasBiker

untuk maksimal kecepatan dengan gaya riding tidak terlalu ektrim si vario mampu melaju hingga kecepan 95 kpj dengan kondisi jalan lumayan lowong Sob, tetapi untuk pencapaian kecepatan tersebut dibutuhkan waktu tempuh dan jarak yang lumayan.. artinya agak lama hingga tembus di 95 kjp.

Untuk tarikan pun lebih terasa ringan di awal dan minim getaran pada mesin, terkecuali klo Motor Vario mas bro memang mengalami masalah pada area CVT yang sering terjadi pada motor matik.

oh iya.. dari sisi pelayanan terasbiker saat ini lebih suka isi Pertamax di SPBU 31 milik pemerintah yang berlokasi di Jalan Margonda Depok karena searah dengan rute pulang, dengan pelayanan model “Self service” jadi kita bisa isi sendiri hehehe jadi lebih yakin klo takarannya “Pasti Pas !”. hehehe.. pernah teras biker bahas di artikel sebelumnya, baca : http://terasbiker.com/2016/12/08/layanan-self-service-kini-ada-di-spbu-31-depok

Harga Pertamax saat ini RP. 8.050,-/Liter

Oke untuk impresi pertamax sampe disitu, kita lanjut ke BBM jenis Ron 92 yang berikutnya..

2. Shell Super dari Shell Advance

Nah.. biasanya nih Terasbiker ke SPBU ini klo kondisi di SPBU Pertamina lagi ngantri panjang… pake banget hehehe dan kondisi lagi buru-buru, karena berbeda dengan pertamina SPBU Shell biasanya lebih jarang Antri Mas bro, cuma akhir-akhir ini karena perbedaan harga cukup tipis dengan Pertamax yaitu cuma selisih 100 rupiah aja, jadi udah mulain sama antriannya, saran aja buat mas bro yang isi bbm di spabu shell baiknya siapin deh uang pas biar gak nunggu kembalian dari kasir yang berbeda dan agak lama biasanya, buat yang pengalaman pasti udah tau hehehe.

SPBU Shell Margonda Raya Depok – Foto: Terasbiker

oke kita lanjut ke impresis dari Performa Shell Super di Motor vario terasbiker, untuk tenaga dan tarikan yang dihasilkan memang shell super lebih berasa agresif ditarikan awal di banding pertamax dan gak perlu narik gas dalem-dalem untuk bisa melesat.. di tarikan panjang shell super lebih unggul sedikitlah sama pertamax karena cukup responsip dan enteng terus dengan kecepatan maksimal seperti halnya gaya riding yang sama tembus hingga hampir 100 Kjp dengan jarak tempuh yang klo di dibilang 11-12 lah sama hasil dari peramax ..nah jadi bingung kan ? hehehe. klo terasbiker sendiri impresinya untuk shell supper memang sedikit lebih baik dari Pertamax, sekali lagi terasbiker hanya menggunakan feeling semata Sob, mukin akan berbeda jika menggunakan alat khusus seperti halnya dengan RaceLogic.

Harga Shell Super saat ini RP. 8.150,-/Liter

nah itu impresi dari Shell Super, Nah gimana neh buat yang terakhir ? oke silahkan di simak kembali mas bro’..

3. Performance 92 dari Total

Untuk BBM terakhir, Terasbiker sebenarnya gak percaya Mas bro’ knp ? pada awalnya pengisian di SPBU Total ini mungkin awalnya sedikit terpaksa dan ada rasa penasaran hanya sekedar ingin mencoba jenis BBM tersebut, dengan melihat selisih harga yang terpaut hanya Rp. 50,- saja dari Pertamax dan Rp. 100,- dari Shell power akhirnya Terasbiker coba melakukan pengisian, yang menarik adalah SPBU ini adalah cukup sepi mas Bro’ dan ga perlu ngantri.

SPBU Total Jl. Buncit Raya Jaksel – Foto: TerasBiker

Setelah beberapa ratus meter meninggalkan SPBU Total, bener-bener diluar dugaan..Performance 92 ternyata punya tarikan power yang berbeda dengan Pertamax dan shell Power Mas bro, tarikan awal lebih melejittt dan dibawa kenceng nambah enteng..berasa motor minta di gas teruss.. untuk kecepatan 80 s.d 100 Kjp berasa gampang banget keraih.. serta mesin minim getaran, dalam hati tebe nyeletuk “weh keknya cocok nih si bleki minum Total Performance 92” hehehe… tapi sayang banget mas bro.. ketersediaan SPBU yang cukup terbatas membuat Terasbiker agak sulit untuk dapet bbm jenis ini, lah gimana ga.. rute-rute yang biasa Tebe lewati setiap hari hanya tersedia di daerah buncit aja..!

Vario Techno 125 sedang di isi Performance 92 – Foto: Terasbiker

Harga Total Performance 92 saat ini Rp. 8.100,-

Kesimpulannya :

Nah kira-kira begitu mas bro hasil komparasi dan impressi performa dari tiga Jenis BBM Dengan Ron 92, klo terasbiker disuruh piliha ya Total jadi pilihan pertama, tapi karna ketersediaan spbu yang minim bikin berfikir kembali buat penggunaan jangka panjangnya, pilihan kedua ada di Pertamax dan terakhir adalah Shell. Buat harga jelas yang tertinggi adalah shell super, di susul dengan Total, terakhir adalah Pertamax, selisih harganya pun cukup tipis, tetapi untuk pilihan tergantung dari masing-masing ya Mas Bro.. mana yang lebih baik dan cocok buat motor mas bro semua…

Last.. Semoga Artikel ini bisa menjadi referensi buat sobat Tebe semua, Perlu di garis bawahi kembali ya Mas Bro sis dan sobat semua, apa yang terasbiker paparkan diatas hanya komparasi berdasarkan Feeling semata dengan motor vario techno 125 milik terasbiker sendiri, mungkin akan berbeda hasilnya jika menggunakan motor dengan jenis lain dan cc yang beda, apalagi jika menggunakan Racelogic seperti sebelum-sebelumnya tebe sampaikan pasti akan memiliki hasil yang lebih fair.

Salam,

-TerasBiker.com-

Tags: Cek Daftar Harga BBM Terbaru, Daftar Harga BBM Pertamina, Komparasi BBM, perbandingan BBM, Performance 92, Pertamax, Pertamina, Ron 92, Shell, Shell Super, Total Categories: Review, sharing, update
share TWEET PIN IT SHARE
Comments
  1. -

    Sayang bener di jogja cuma ada pertamina n pertamini…wkwkw

    1. -

      Hehehe mungkin marketnya masih dukuasai Pertamina Om.. Tp yang jelas klo Total dan Shell tetap bertahan dan banyak penggunanya, bukan suatu yang mustahil mereka ga melebarkan sayap ke daerah dan kota-kota besar lainnya.. 🙂

      Terimakasih sudah mampir buat motorku.id

  2. -

    Belum pernah coba total, tp performance shell vpower lebih berat daripada pertamina pertamax.. penggunaan di motor kawasaki klx 150

    1. -

      Yup.. bener Om JackFrost, memang Performa yang dihasilkan kadang suka beda, ane pernah salah isi hehehe niat mau isi super tp malah di isi V-power..dan hasilnya tarikan motor ane berasa beda bener, mungkin bisa jadi buatuh penyesuaian juga buat mesin..

      Thanks om.. sudah mampir

  3. -

    Buat vario 125 yg punya kompresi cukup tinggi 11.1 sebaiknya pakai bensin dgn nilai oktan 95. Dan memang sudah sy buktikan pakai pertamax plus ( jaman masih blum ada pertamax turbo) vario 125 saya jauh lebih enak tarikannya.. lebih kencang daripada pertamax. Rasa getarannya juga halus sekali.. Karena dgn kompresi 11.1 memang ron 95 lah yg diinginkan oleh mesin vario 125 itu! Kalau utk Total 92 sy rasakan paling enak buat Bajaj Pulsar 180cc saya dgn kompresi 9.5 paling enak tarikannya di rpm tinggi.. memang benar TEBE. Total enak buat kecepatan tengah keatas.. sekarang pakai Kawasaki KLX 144cc dgn kompresi 9.5 pakai pertamax memang sudah keharusan karna klx minta minimum ron91 dan diisi shell super memang benar terasa lebih tenaganya dibanding pertamax.. tapi kalau pakai vpower/pertamax plus tidak signifikan bedanya pd klx.. jadi sy beri shell sudah cukup.. Beda mesin memang beda rasa. Yg sy tangkap disini adalah nilai oktan sgt berhubungan dgn kompresi sebuah mesin.. yg pernah sy baca kompresi antara 6-9 itu pakai premium cukup ( ninja R 150cc 2tak) kompresi 9-10 minimum pertamax.. dan kompresi 11 keatas harus ron 95 keatas. Yg ada sekarang ron 95, 98 dan 100. Motor spt Aprilia 125 2tak punya kompresi 16!! Ada motor sport 4tak CC besar kompresi 12, dan lain sebagainya.. jadi sesuaikan bensin dgn kompresi mesinnya. Trimakasih.

    1. -

      Wah jadi tambah wawasan lagi nih…makasih Om Anthony sudah panjang lebar menjelaskan perbedaan antara kompresi, tenaga yang dihasilkan dan kebutuhan pada tingkat RON di bbm itu sendiri, saya sendiri memang belum mencoba langsung pebedaan pada jenis motor dengan cc dan kompresi yang lain, dan memang baru merasakan impresinya pada Vario techno 125 aja, next saya coba akan lakukan percobaan kembali dengan menggunakan Ron 98, (pertamax Turbo).

      Makasih Om Anthony Sudah mampir… 🙂

  4. -

    saya tinggal di Bogor dah langganan pake TOTAl sob..tarikan motor vario karbu saya lebih enteng banget dah dan takarannya lebih pas jadinya irit banget nih…..maaf Pertamina dan Shell produk anda jauh banget sama performance 92nta TOTAl..

    1. -

      Wah Tetanggaan kita Om..hehehe saya di Bogor juga cuma di deket” Pemda Cibinong :D.. mantep berarti ya Performance 92 ini! Klo masalah irit emang bener banget, apalagi vario tehcno 125 punya saya Full Injection.

      Thanks Om Tjile udah mampir..

  5. -

    Say apelanggan FANATIk Total Sob…pertamina sam Shell kalah klw soal keentengan tarikan mesin…

    1. -

      Mantap Om.. lanjutkan hehehe.. salam

Leave a reply

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: