Apa sih pentingnya masa Break-in (Inreyen) buat motor baru Sob?

January 3, 2017 475 0 0

TerasBiker.com – Pagi tadi pas lagi riding ke kantor tetiba Tebe kepikiran topik yang biasanya diabaikan oleh pemilik kendaraan motor baru, ya masa break-in atau yang biasa kita sebut sebagai masa Inreyen, nah sobat semua udah pada tau belum apa itu pengertian dari Inreyen sendiri dan seberapa pentingkah Inreyen buat motor baru Sob ?

Oke sebelum Tebe coba jelasin, pastinya sobat semua pernahkan ngalamin punya motor baru kan..? nah biasanya kan klo motor baru itu masih kinyis-kinyis baik bagian luar body motor atau pun daleman mesinnya sob, untuk masalah inreyen ini berkaitan sama part-part mesin atau pun komponen lain pada motor baru tentunya yang nantinya akan terus bekerja keras terus menerus sampe pada masa dimana part atau bagian mesin atau komponen  motor tersebut perlu dilakukan pergantian.

Ok sob, biar ga pada penasaran apa sih masa Inreyen “pemanasan” atau break-in pada motor baru itu ? Tebe akan coba jelasin dengan bahasa yang sederhana biar mudah di mengerti. Jadi gini masa Inreyen atau yang biasa disebut Masa Break-In adalah masa dimana part-part pada bagian komponen mesin motor sedang dalam masa penyesuaian atau adaptasi mesin baru untuk kemudian bisa digunakan. Inreyen tersebut bertujuan menguji kualitas dan kemampuan mesin beserta komponen didalamnya untuk menunjang kebutuhan transportasi kita nantinya. Walau dari pihak pabrikan telah melakukan uji kelayakan yang cukup ketat, tetap saja mereka menyarankan akan pentingnya masa Inreyen tesebut, jadi setiap produk yang mereka hasilkan belum tentu sepenuhnya dapat langsung digunakan tanpa dilakukan pengujian lebih lanjut oleh pemilik atau penggunanya.

Jadi bisa di ambil kesimpulan begini, jika masa inreyen atau masa “pemanasan” tidak dilakukan pada motor baru, maka akan ada kemungkinan oli yang terdapat di dalam motor sobat tidak menyebar secara merata ke komponen-komponen atau bagian mesin yang bergerak tersebut dan bisa jadi nantinya akan terjadi keausan pada komponen bagian dalam mesin yang tidak dilapisi dengan oli pelumas.

Berikut ini ada beberapa tips agar masa Inreyen berjalan dengan baik dan tentunya untuk keselamatan pengendaranya juga Sob:

  • Lakukan pemanasan mesin sebelum motor di bawa jalan, hal ini untuk menyebarkan oli pelumas menyebar ke bagian-bagian sudut terkecil dari mesin.
  • Jangan langsung menggeber motor dengan cara menekan tuas gas terlalu dalam dan tersu menerus (Full throttle start).
  • Hindari berkendara secara ekstrim (konservatif) dijalan, dimana pada komponem motor baru permukaan grip ban pun butuh penyesuain dengan aspal, hal tesebut untuk menghindari terjadinya slip.
  • Pastikan tidak membawa beban terlalu banyak, agar usia komponen mesin lebih tahan lama.
  • Lakukan pergantian Oli mesin ketika sudah mencapai 1000KM pertama, agar sepihan dari komponen yang ada di sisi dalam mesin yang bercampur dengan oli lama akan terurai keluar bersama oli lama pada saat dilakukan pergantian.

Last…Buat sobat Tebe yang emang kebetulan punya motor baru, jadi jangan langsung main geber aja ya, hal tersebut bertujuan supaya motor yang kita beli tidak cepet rusak setelah beberapa kali pemakaian saja dan tujuan lainnya dari masa inreyen ini adalah membisakan diri si pemilik motor dengan kendaraan barunya. Semoga bermanfaat dan selalu keep safey riding ya Sob… 🙂

Salam,

~TerasBiker.com~

Tags: break-in, Inreyen motor, Masa Inreyen motor baru, motor baru Categories: sharing, Tips, update
share TWEET PIN IT SHARE
Leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.