Ternyata Masa Pakai Helm hanya 5 tahun, lebih dari itu cukup bahaya Sob!

TerasBiker.com – Pagi semua, Hari libur ini Tebe Coba nulis artikel ringan namun cukup informatif dan bermanfaat neh sob..! Terkadang untuk hal-hal yang kita anggap sepele justru tingkat resikonya amat sangat tinggi, ya..kali ini tebe coba ingin mengulas mengenai Masa Pakai Helm yang hanya sampai usia 5 tahun saja, lebih dari itu akan amat beresiko alias bahaya Sob..Wah kira-kira Sobat semua udah pada tau belum ya ?

Helm sendiri merupakan perangkat berkendara khusunya rodadua yang sangat akrab bagi para Bikers, merupakan alat keamanan yang harus di pakai saat berkenda untuk melindungi bagian kepala dari bahaya kecelakaan yang mungkin bisa terjadi. Karena fungsi serta manfaat dari helm yang cukup penting, pihak kepolisian pun mewajibkan para biker tetap terus menggunakannya saat berkendara baik itu si pengemudi kendaraan motornya atau pebonceng!

Oke Sob’ sampe sini udah pada taukan ya apa manfaat helm buat kepala kita hehehe…tp ada neh yang jarang diketahui oleh para biker khususnya termasuk Tebe sendiri hihihi..Ya! masa pakai Helm yang kita pakai ternyata hanya berusia lima tahun saja, hal ini dijelaskan oleh Master kita Mas Irwan yang merupakan Brand Technical Support Helm Cargloss Proriders “Masa Pakai helm ternyata hanya lima tahun saja, untuk penggunaan selanjutnya dikatakan sangat berbahaya dan disarankan untuk mengganti dengan helm baru”.

Mas Irwan menjekaskan kembali, bahwa bahaya yang terjadi berasal dari bagian sterofoam yang digunakan pada bagian dalam helm. Jadi gini..sterofoam yang ada dibagian dalam helm pada saat sebelum lima tahun masih bersifat elastis sehingga masih dapat meredam adanya benturan yang terjadi akibat terjadinya kecelakaan, nah beda hal kalau usia sterefoam udah lebih dari lima tahun dinggap sudah tidak baik/ layak lagi sob..sehingga jika terjadi benturan maka bagian sterofaom akan kandas..Oh gitu ya….ternyata penting juga ya….Ayo ada ga dari sobat semua yang usia helmnya lebih dari itu ? banya ya hehehehe……….

Kira-kira klo kita mau ganti bagian Sterofoamya aja gimana bisa ga ya ? ini jawaban mas Irwan,”untuk hal itu tidak mungkin bisa dilakukan, karena sterofoam yang telah menempel lengket dibagian dalam bady helm, jadi apabila diganti tidak akan pas dibagian bodynya..dan klo pun dipasang baru kondisinya akan lebih berbahaya”. So..untuk Safey emang kudu ganti helm sob’..Khusus buat helm yang telah mengalami benturan baik itu jatuh berulang atau karena kecelakaan maka penggunaanya sudah tidak laik, karena bagian sterofoam tidak seperti busa dimana akan terjadi cekungan akibat benturan.

Last..Untuk keselamatan baiknya memang kita harus memperhatikan hal-hal kecil seperti ini ya sob, terutama keselamat kepala. Kita semua tak pernah berharap akan tejadi kecelakaan, tetapi untuk meningkatkan keselamatan diri menurut tebe hal-hal seperti ini wajib diperhatikan..so ayo menjadi pioner keselamatan berkendara mulai dari diri sendiri.. setuju ?

Pict. credit :DP

Salam,

~TerasBiker.com~

 

This entry was posted in update, Utilitas Helm and tagged , . Bookmark the permalink.

Silahkan tinggalkan komentarnya Sob...